Langsung ke konten utama

Pengertian Waran Dalam Perdagangan Saham

"Kalau anda menyadari berada dalam sebuah lubang,berhentilah menggali"ungkapan oleh wisdom

Olahan Internet.Apa yang dimaksud dengan Waran Dalam Saham?waran adalah Hak untuk membeli saham pada harga tertentu (ex-ercise pride)dan pada waktu yang tertentu pula.diberikan gratis sebagai bonus kepada pemegang saham,pada saat IPO atau right issue.penerbitan waran bertujuan untuk menarik investor agar lebih bergairah membeli saham.

"Kalau anda menyadari berada dalam sebuah lubang,berhentilah menggali"ungkapan oleh wisdom   Apa yang dimaksud dengan Waran Dalam Saham?waran adalah Hak untuk membeli saham pada harga tertentu (ex-ercise pride)dan pada waktu yang tertentu pula.diberikan gratis sebagai bonus kepada pemegang saham,pada saat IPO atau right issue.penerbitan waran bertujuan untuk menarik investor agar lebih bergairah membeli saham.     Waran Mister Glukosa(ilustrasi)   Waran merupakan produk turunan saham.diciptakan pertama kali oleh perusahaan-perusahaan Jepang di bursa saham Swiss sekitar awal 1980-an denganaksud sebagai lindung nilai (hedging).saat ini,emiten di bursa mulai ramai menerbitkan waran .    Seperti Option,waran juga di kenal dengan istilah put warrant dan call warrant.namun bursa Indonesia lebih mengenal call warrant,yaitu hak untuk membeli saham pada harga  dan waktu yang telah di tentukan.    Sebagai contoh ; PT BABIBU akan melakukan IPO 2 miliar  lembar saham dan di tawarkan dengan harga Rp 1000 perembar saham,bersamaan dengan IPO,PT BABIBU juga menerbitkan 1 miliar lembar waran.artinya setiap pemegang 2 saham,akan mendapatkan 1 waran dengan cuma-cuma.waran tersebut mempunyai jangka waktu pelaksanaan selama 3 tahun,Dimana waran tersebut bernilai nominal Rp 100 pada saat harga pelaksanaanya(exercise price)Rp1200.    Jika harga saham PT BABIBU naik saat di perdagangkan di bursa maka investor akan mendapatkan  capital gain,juga mendapat keuntungan berupa waran.waran yang di berikan  gratis juga di perdagangkan di bursa,dan bisa di jual harganya mengikuti harga saham induknya.    Asumsi pertama,seandainya selama masa perdagangan harga saham PT BABIBU naik menjadi Rp 1100 maka anda akan memperoleh capital gain sebesar Rp 100 perlembar saham dan harga waran di tutup pada harga Rp100.dan akan hendak menjual saham dan waran tersebut sebelum waktu exercise price! maka anda memperoleh capital gain Rp 100  perlembar saham dan Rp 100 setiap lembar waran.    Asumsi kedua,Pada saat exercise price,pemegang waran akan untung jika harga saham di pasar lebih tinggi dari harga exercise price,yaitu di atas Rp 1200.    Asumsi ke tiga,jika anda membeli waran Rp 100,maka anda akan dapat untung jika pada saat jatuh tempo ,harga saham tersebut berada diatas Rp 1300(Rp1200+Rp100).bila harga pada saat jatuh tempo naik menjadi Rp2000 maka anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp700.    Namun,Jika harga saham turun di bawah Rp 1200, anda tidak perlu menggunakan hak untuk membeli .Artinya,berinvestasi waran memberikan potensi keuntungan hnag tidak terbatas tapi dengan potensi kerugian yang terbatas yaitu, sebesar harga pembelian waran.    Kebanyakan investor bisa mencicipi manisnya waran,karena bonus yang di berikan gratis itu biasanya di lepas setelah harganya tinggi.
Waran Mister Glukosa(ilustrasi)

Waran merupakan produk turunan saham.diciptakan pertama kali oleh perusahaan-perusahaan Jepang di bursa saham Swiss sekitar awal 1980-an denganaksud sebagai lindung nilai (hedging).saat ini,emiten di bursa mulai ramai menerbitkan waran .

Seperti Option,waran juga di kenal dengan istilah put warrant dan call warrant.namun bursa Indonesia lebih mengenal call warrant,yaitu hak untuk membeli saham pada harga  dan waktu yang telah di tentukan.

Sebagai contoh ; PT BABIBU akan melakukan IPO 2 miliar  lembar saham dan di tawarkan dengan harga Rp 1000 perembar saham,bersamaan dengan IPO,PT BABIBU juga menerbitkan 1 miliar lembar waran.artinya setiap pemegang 2 saham,akan mendapatkan 1 waran dengan cuma-cuma.waran tersebut mempunyai jangka waktu pelaksanaan selama 3 tahun,Dimana waran tersebut bernilai nominal Rp 100 pada saat harga pelaksanaanya(exercise price)Rp1200.

Jika harga saham PT BABIBU naik saat di perdagangkan di bursa maka investor akan mendapatkan  capital gain,juga mendapat keuntungan berupa waran.waran yang di berikan  gratis juga di perdagangkan di bursa,dan bisa di jual harganya mengikuti harga saham induknya.

Asumsi pertama,seandainya selama masa perdagangan harga saham PT BABIBU naik menjadi Rp 1100 maka anda akan memperoleh capital gain sebesar Rp 100 perlembar saham dan harga waran di tutup pada harga Rp100.dan akan hendak menjual saham dan waran tersebut sebelum waktu exercise price! maka anda memperoleh capital gain Rp 100  perlembar saham dan Rp 100 setiap lembar waran.

Asumsi kedua,Pada saat exercise price,pemegang waran akan untung jika harga saham di pasar lebih tinggi dari harga exercise price,yaitu di atas Rp 1200.

Asumsi ke tiga,jika anda membeli waran Rp 100,maka anda akan dapat untung jika pada saat jatuh tempo ,harga saham tersebut berada diatas Rp 1300(Rp1200+Rp100).bila harga pada saat jatuh tempo naik menjadi Rp2000 maka anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp700.

Namun,Jika harga saham turun di bawah Rp 1200, anda tidak perlu menggunakan hak untuk membeli .Artinya,berinvestasi waran memberikan potensi keuntungan hnag tidak terbatas tapi dengan potensi kerugian yang terbatas yaitu, sebesar harga pembelian waran.

Kebanyakan investor bisa mencicipi manisnya waran,karena bonus yang di berikan gratis itu biasanya di lepas setelah harganya tinggi.


Komentar

Video Terbaru Kami

Online

Theme Editor by Seo v6