Langsung ke konten utama

8 Kondisi Kesehatan Tubuh Yang Bisa Di ketahui Dari Lidah


8 Kondisi Kesehatan Tubuh Yang Bisa Di ketahui  Dari Lidah

Panca Indera Manusia Yaitu Lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. Lidah dikenal sebagai indra pengecap yang banyak memiliki struktur tunas pengecap. Lidah juga turut membantu dalam tindakan bicara.Juga membantu membolak balik makanan dalam mulut.


lidah

Uniknya Selain Kepentingan Sebagai panca indera bagi Tubuh Manusia Ternyata Lidah juga digunakan oleh para medis kesehatan seperti Dokter Sebagai Media Sederhana untuk mengetahui kondisi Kesehatan Tubuh.

Nah berikut 8 Fakta Unik tentang kondisi Kesehatan yang bisa deketahui dari Lidah yaitu :

1. Lidah berwarna merah 

jika lidah Merah seperti layaknya warna stroberi Kamu bisa jadi mengalami kekurangan vitamin. Lidah merah yang mengkilap dan cerah menandakan tubuh kekurangan zat besi atau vitamin B12. Vitamin B12 dan zat besi diperlukan oleh lidah untuk membentuk papila. Jika kurang maka akan menyebabkan rasa sakit saat memakan makanan yang panas dan pedas.
Selain itu, tubuh yang kekurangan vitamin akan mengalami gejala lain seperti kelelahan, tubuh lemah, masalah keseimbangan dan kesulitan memori.

2. Lidah berwarna kecoklatan atau kehitaman

Kesehatan mulut dan lidah yang tidak dijaga dengan baik akan mengakibatkan lidah berwarna kecoklatan dan kehitaman. Biasanya, lidah yang hitam juga disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti merokok atau minum kopi dan teh hitam.


Kalau ingin menghilangkannya, disarankan untuk menyikat lidah menggunakan alat pembersih lidah. Jika kamu merokok, baiknya dikurangi dan lebih baik dihentikan untuk selamanya.


3. Lidah berwarna putih seperti keju

Jika mengalami kondisi tersebut, mungkin kamu memiliki infeksi jamur. Lidah yang berselimut putih bisa berupa infeksi ragi oral yang disebabkan oleh produksi candida yang berlebihan.

Lidah adalah rumah yang baik bagi bakteri dan ragi. Ketika muncul berlebihan, disarankan untuk mengonsumsi antibiotik sebab jika dibiarkan akan menyebabkan gangguan dan sedikit rasa sakit pada lidah.

4. Lidah keriput

Ini menandakan kamu semakin tua karena lidah pun menunjukkan tanda-tanda penuaan. Celah dan retakan pada lidah biasanya tidak berbahaya tetapi masalah dapat timbul jika kebersihan gigi buruk yang dapat menyebabkan infeksi di dalam celah tersebut.

5. Terdapat bercak kecil putih di lidah

Ini berarti sesuatu mengiritasi mulutmu. Bercah putih tanpa rasa sakit atau leukoplakia disebabkan oleh pertumbuhan sel yang berlebihan dan sering dikaitkan dengan perokok. Dalam banyak kasusm leuplakia akan menghilang ketika berhenti merokok yang akan mencegahmu dari penyakit lidah.

6.Sensasi terbakar di lidah

Kamu menggunakan pasta gigi yang salah atau sedang berada di masa pascamenopause. Jika lidah menyengat dan terbakar seolah tersiram air panas, perubahan hormon pun bisa menjadi pemicu. Meski sindrom lidah terbakar bisa terjadi pada siapa saja, wanita tujuh kali lebih mungkin mengalaminya daripada pria.

Beberapa orang yang mengalami sensasi ini bisa juga karena alergi pada jenis pasta gigi tertentu misal jika terdapat bahan yang disebut sodium lauryl sulfate (SLS), yang dapat menyebabkan sengatan tersebut.


7.Terdapat luka yang menyakitkan di lidah

Bisa jadi kamu sedang stres. Terkadang, rasa sakitnya bertahan selama lima hari kemudian mereda dan muncul kembali sampai akhirnya menghilang setelah dua minggu. Tetapi tenang saja, luka yang kamu alami tidak akan menulari pasanganmu.

8. Lidah seperti berlubang dan berwarna merah terang

Jika kamu mengalaminya, hal tersebut bisa menjadi salah satu tanda kanker lidah jika tidak menghilang dengan sendirinya selama dua minggu. Gejala ini tidak hanya menyerang usia tua, tetapi yang produktif pun bisa terkena.

Gejala ini banyak terjadi pada perokok atau juga karena virus HPV. Selalu cek ketika kamu merasa ada yang aneh meski tidak mengganggu aktivitas harianmu. Sebab, kebanyakan kanker mulut tidak terasa sakit ketika berada di stadium awal.

Yang Mana nih yang pernah kamu rasain ,trus apa solusi yang kamu lakukan untuk mencegahnya ,jangan lupa tulis di kolom komentar ya gaysss...



_______Penelusuran Terkait Keyword:_____


#bagian lidah dan fungsinya wikipediap
#penyakit lidah
#lidah putih
#lidah sehat
#bagian bagian lidah dan fungsinya beserta #gambarnya
#lidah buaya
#lidah coklat
#lidah putih
#benjolan di lidah
#lidah sakit saat digerakkan
#penyebab lidah sakit
#obat sariawan di lidah dan sakit #tenggorokan
#gambar benjolan dibawah lidah
#sariawan di lidah dan mulut
#gambar lidah bintik merah
#buah untuk kesehatan lidah
#lidah putih
#penyakit lidah
#lidah sehat
#lidah sariawan
#lidah dan bagian-bagiannya
#pinggiran lidah bergelombang




Komentar

Video Terbaru Kami

Online

Theme Editor by Seo v6